Trenggiling Diduga Menjadi Penyebab Penularan Corona

Trenggiling

 

Trenggiling merupakan satwa liar langka yang belakangan ini dirumorkan menjadi penyebab penularan virus novel corona atau Covid-19. Badang legistatif China juga sudah resmi melarang perdagangan trenggiling demi menjaga satwa liar ini dari kepunahan.

Melansir CNNIndonesia.com, Peneliti Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Sugiyono Saputra menuturkan trenggiling menjadi inang perantara virus corona akibat tertular dari kelelawar. Hal ini diungkap Sugiyono terkait penelitian dari South China Agricultural University, menduga satwa liar ini menjadi inang perantara penyebaran virus corona yang mewabah pertama kali di Kota Wuhan, Hubei, China. Penelitian itu mengungkap urutan genom dari regangan virus corona yang berasal dari trenggiling ternyata  99 persen identik dengan genom virus corona dari manusia yang terinfeksi.

Menurut Sugiyono, tidak hanya berpotensi menjadi perantara, hewan ini juga diduga menjadi sumber utama penularan karena virus corona pada tubuh hewan mamalia bersisik itu juga dominan. Sehingga, dia berkata Covid-19 dari kelelawar mengalami rekombinasi dengan Covid-19 dari trenggiling yang kemudian bermutasi dan menginfeksi manusia.

Meski memiliki peluang, Sugoyono kembali menuturkan hal tersebut masih bersifat dugaan. Pasalnya, dia menyebut belum ada hasil penelitian yang dipublikasikan mengenai dugaan trenggiling sebagai inang perantara virus corona di Wuhan.

“Melihat kasus sebelumnya, SARS juga awalnya diduga dari musang atau civet, MERS dari unta. Tapi pada akhirnya disimpulkan mereka hanya sebagai inang perantara. Sedangkan originnya dari kelelawar,” ujar Sugiyono.


Baca Juga:

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: