Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kornis yang ditandai tingginya kadar gula (glukosa) darah. Biasanya, diabetes terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang berolahraga, kurang tidur, dan merokok.

Karena itu penderita diabetes diwajibkan untuk menghindari beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, berikut adalah makanan yang harus dihindari:

  1. Nasi Putih dan Makanan Berbahan Tepung Terigu

Nasi putih, roti dan pasta merupakan makanan dengan karbohidrat tinggi. Makanan-makanan ini merupakan karbohidrat yang paling cepat dicerna dan diserap tubuh untuk menjadi gula darah.

Walaupun begitu bukan berarti tidak boleh dikonsumsi sama sekali, boleh dimakan hanya saja porsinya dikurangi.

Jika memang ingin menghindari makanan-makanan tersebut anda bisa menggantinya dengan makanan lain seperti nasi merah, jagung, ubi jalar, roti dan pasta berbahan gandum.

  1. Minuman Manis

Selain makanan, minuman manis juga salah satu pantangan bagi penderita diabetes. Minuman bersoda, sirup, teh dan kopi dan jus kemasan merupakan minuman yang harus dikurangi atau dihindari.

Minuman-minuman tersebut biasanya dipabrik ditambahkan banyak pemanis buatan untuk meningkatkan citarasa sekaligus memperpanjang umur simpan.

Untuk mengetahui kandungan gula dalam minuman anda, baca label komposisi dan informasi nilai gizi pada kemasan. Namun anda harus hati-hati karena tidak semua label mencantumkan tulisan “gula” pada kemasannya. Biasanya ditulis dengan nama lain seperti Sukrosa, sirup jagung tinggi fruktosa, sirup agave, sirup maple, dekstrosa, glukosa, sirup malt, maltose, galaktosa. Jika anda menemukan tulisan-tulisan tersebut anda bisa mempertimbangkannya kembali minuman anda.

  1. Makanan Kaya Lemak Jahat

Lemak jahat biasanya ditemukan dalam margarin, selai kacang, creamer dan gorengan. Selain dapat menimbulkan diabetes, lemak jahat juga dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke serta merendahkan tingkat kolesterol baik (HDL)

  1. Buah Kering

Buah memang baik bagi kesehatan karena mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang diperlukan untuk tubuh. Tapi jika yang dimakan adalah buah kering, justru dapat meningkatkan gula darah.

Hal ini disebabkan buah kering diproses sedemikian rupa hingga menghilangkan sebagian besar kadar airnya serta kandungan gizi lainnya, sehingga yang tersisa hanya kandungan gula alaminya.

Selain kehilangan kandungan nutrisinya, buah kering juga biasanya ditambahkan gula lagi agar lebih tahan lama dan menambah citra rasanya.

  1. Saus Tomat dan Saus Sambal Botolan

Makan dengan dicocol saus tomat atau sambal memang enak. Namun, tahukah Anda bahwa kedua jenis saus ini merupakan jenis makanan yang tidak baik bagi penderita diabetes. Ternyata 2 sendok saus tomat setara dengan 16 gram gula.

  1. Yoghurt

Jenis makanan ini memang belum terlalu familiar bagi kebanyakan orang Indonesia, tapi bagi anda penderita diabetes dan sering mengkonsumsi yoghurt lebih baik anda kurangi bila perlu hindari makanan ini.

Yoghurt biasanya dibuat dari susu non-lemak atau rendah lemak, tapi tinggi gula. Gula dalam satu cangkir yoghurt (245 gram) biasanya mengandung 47 gram gula.

  1. Sereal Manis

Sereal biasanya disantap sebagai menu sarapan. Tapi tahukah anda kalau sereal itu tinggi karbohidrat dan rendah protein. Bagi anda penderita diabetes tentu saja ini sangat tidak baik untuk mengkonsumsi sereal sebagai menu sarapan.

Anda mungkin akan mendapatkan energi tapi disaatnya sama, gula darah anda juga akan meningkat dan cepat lapar karena protein yang dapat membuat anda merasa lebih kenyang kandungannya sangat sedikit. Jadi bagi anda penderita diabetes sebaiknya ganti menu sarapan anda dengan yang rendah karbohidrat dan yang tinggi serat dan protein.

  1. Makanan Ringan

Makanan ringan seperti biskuit memang sangat lezat dan harganya terjangkau, biasanya tersedia diwarung biasa sampai supermarket. Walaupun lezat dan harganya terjangkau, biskuit juga dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan, beberapa dari makanan ini mungkin mengandung lebih banyak karbohidrat daripada yang tercantum pada label nutrisi dikemasan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: