Cara Mengatasi Anak Demam Dengan Obat Herbal

Cara Mengatasi Anak Demam Dengan Obat Herbal

Ketika seseorang mengalami demam, otomatis suhu tubuh anak mengalami kenaikan dan menjadi panas. Kondisi seperti ini tentu saja anak mengganggu antifitas, terutama jika demam ini terjadi pada anak-anak. Tentu saja ini membuat anak menjadi rewel dan membuat anda cemas. Namun anda tidak usah khawatir menghadapi masalah seperti ini. Berikut ini mari kita bahas bersama cara menyembuhkan demam pada anak.

  1. Bawang Merah

Bumbu dapur yang satu ini tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai penyedap rasa masakan saja, tetapi bumbu dapur ini memiliki khasiat sebagai obat demam tradisional. Selain penggunaannya sederhana bawang merah ini juga mudah didapat. Untuk menurunkan demam anak anda cukup mengupas bawang merah sebanyak 5 siur dimana kemuadian  anda parut secara kasar, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya, setelah jadi anda bisa balurkan ke ubun-ubun anak atau temperlkan di berut dan punggung anak. Lakukan sehari 2 kali pagi dan sebelum tidur sampai demam pada anak semmbuh.

  1. Temulawak

Untuk masalah asal lambung atau gangguan pencernaan, temulawak adalah obat nomer satu yang bisa diramu. Namun selain menjadi obat bagi lambung, temulawak adalah obat manjur untuk menurunkan panas demam bagi anak maupun orang dewasa. Selain itu temulawak juga bisa meningkatkan nafsu makan, menatasi diare dan sakit kuning. Untuk membuat ramuan demam anak, anda cukup menyiapkan 10 gram rimpang temulawak dan cuci bersih. Setelahnya bisa anda parut dan tambah dengan air panas sebanyak ½ gelas kemudian diaduk rata. Sesudah dingin, peraslah dan ambil sarinya, barulah lambahkan madu sebagai pemanis agar anak suka dan mau untuk mengkonsumsinya.

  1. Jahe

Walaupun jahe memiliki efek samping, tetap saja rempah ini dapat memberikan segudang manfaat bagi tubuh, apalagi dikala sakit. untuk menurunkan demam, pastikan anda mencoba membuat teh jahe dengan memasukan 1 ½ sendok teh parutan jahe ke secangkir air panas dan biarkan selama beberapa menit, tambahkan madu agar membuat rasa semakin enak agar anak suka.

  1. Kunyit

Banyak sekali manfaat kunyit yang bisa anda peroleh dan salah satunya adalah sebagai obat demam anak. Kandungan antioksidan, antiinflamasi, kurkumin, turmeron, antibakteri, dan minyak atsirinya sangatlah tinggi dan baik bagi tubuh. Untuk demam anak, kunyit ini juga sangat mudah digunakan sehingga anda tidak perlu bingung. Cukup 10 gram kunyit diparut lalu ditambah air panas secukupnya, tambahkan air perasan jeruk nipis ½ buah, setelah itu dicampur madu. Berikan pada anak 3 kali sehari.

  1. Air Kelapa Muda

Di dalam air kelapa muda ada kandungan tinggi kalium yang masih sejenis mineral. Zat mineral ini diperlukan oleh tubuh ketika sedang demam atau panas karena ketika tubuh panas, maka tubuh otomatis mengeluarkan keringat banyak. Agar suhu tubuh bisa turun saat demam, minum air kelapa adalah solusi alami yang tepat.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: