Mengatasi Batuk Pada Anak

Mengatasi batuk pada anak, sering kali anak menjadi gelisah saat tidur karena terganggu oleh batuk nya, penurunan nafsu makan karena rasa tidak nyaman di tenggorokan,dan juga muntah berulang yang diprovokasi oleh batuk.

Mengatasi Batuk Pada Anak

Bila si kecil menderita batuk jauh lebih bijak bila ibu memberikan obat alami atau tindakan lain yang bisa meredakan gejalanya.hal ini bertujuan untuk meminimalisir efek samping yang di timbulkan oleh obat-obatan kimia. Berikut ini cara mengatasi batuk pada anak.

Air putih

Berikan anak anda air putih tambahan atau jus buah yang diencerkan untuk membantu mengencerkan lender dan dahak serta menenangkan sakit tenggorokan. Bahkan cairan yang di minum lebih efektif dalam mengatasi batuk pada anak di banding menggunakan obat-obatan.

Madu

madu dapat membantu penyembuhan batuk pada anak

Khusus untuk anak di atas 1 tahun, madu sangat baik untuk mengatasi batuk pada anak.hal ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan sesendok madu ke dalam air hangat, the, atau jus lemon,  sekitar 30 menit sebelum tidur. Jangan memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun.

Jeruk Nipis dan Madu

untuk mengatasi batuk pada anak

Madu terkenal dengan sifat anti-bakteri nya  sehingga ampu mengusir virus yang mengendap di tenggorokan. Campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok sari jeruk nipis. Aduk-aduk lalu berikan kepada anak anda. Cara lain nya adalah bisa dengan menggabungkan kedua bahan tersebut dengan secangkir air hangat untuk membuat batukpergi dan tenggorokan terasa lebih ringan.

Minyak Telon

Untuk mengatasi batuk pada anak di bawah 1 tahun, pilihan terbaiknya adalah dengan menggunakan minyak telon sebagai pereda batuk yang di alaminya. Atau anda dapat menggunakan minyak kayu putih apa bila tidak ada minyak telon. Cara penggunaannya dengan mengusapkan minyak tersebut pada dada dan leher anak anda, akan tetapi yang harus anda ingat adalah jangan berlebihan dalam pemakayan nya,sebab minyak tersebut dapat menimbulkan panas.

Bawang Putih

untuk membantu mengatasi batuk pada anak

Anda dapat mencoba menggunakan bawang putih. Cara nya adalah dengan mengeringkan bawang putih,bisa dengan di panggang.setelah kering dan dingin,masukan ke kantong kain dan kemudian taruh di tempat tidur anak anda tapi jangan terlalu dekat atau berada dalam jangkawan anak anda.selai cara tersebun anda juga bisa melakukan cara seperti ini dengan mengusapkan kantong kain yang berisi bawang putih tadi di oleskan ke dada anak anda,tapi jangan di lakukan secara langsung,cek dulu temperaturnya dan pegang dengan tangan.

Asam Jawa dan Gula Merah

bisa membantu penyembuhan batuk pada anak

Asam jawa dan gula merah sangat mudah anda temukan di dapur.selain bermanfaat sebagai tambahan mumbu masakan ,kedua bahan tersebut dapat anda gunakan sebagai obat batuk alami untuk anak anda.cara pembuatan nya yaitu siapkan 10 daging buah asam jawa lalu seduh dengan 1 gelas air panas.tambahkan gula merah secukupnya dan aduk hingga rata.berikan minuman air ramuan ini selagi hangat kepada anak anda.

Istirahat

Bagi anak yang sudah aktif ke sana-ke sini, anjurkan ia untuk istirahat,namun bukan berarti anda mengurung nya di tempat tidur,melain kan supaya mengurangi jam main nya,atau menghindari aktifitas yang membuat batuk nya menjadi lebih buruk.

Bahan alami memang memberikan manfaat yang cukup bagus.apa lagi untuk anak yang badan nya belum terbiasa dengan bahan-bahan kimia.jadi,kalua anda tidak sempat memeriksanya,obati dulu dengan menggunakan bahan alami.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: