Mencegah Diabetes pada Anak

Diabetes

Diabetes Pada Anak

Diabetes tidak hanya dialami oleh orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami diabetes. Diabetes pada anak yang sering terjadi yaitu diabetes tipe 1. Namun, diabetes tipe 2 juga tak jarang terjadi pada anak-anak.

Untuk Gejalanya sendiri diabetes tipe 1 dan 2 tidak jauh berbeda. Namun, gejala yang sering muncul pada anak yaitu, Sering haus dan buang air kecil, makan banyak tapi berat badan malah turun, terlihat lesu dan pengelihatannya kabur serta muncul luka yang sulit sembuh dan kulit menjadi hitam dibeberapa area tubuh.

Pengobatan

Untuk pengobatan sendiri tergantung jenis diabetes yang dideritanya. Jika mengalami diabetes tipe 1, biasanya dokter akan memberikan terapi insulin untuk mengendalikan gula darah. Sementara, jika mengalami diabetes tipe 2, dokter akan memberikan obat-obatan antidiabetes. Terapi insulin juga dapat diberikan jika diabetesnya sudah berat.

Pencegahan

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara agar terhindar dari diabetes dengan menjalani pola makan sehat. Batasi mengkonsumsi atau hindari makanan dan minuman yang tinggi gula, kalori dan lemak jahat. Seperti makanan olahan, kue, es krim dan makanan cepat saji.

Gantinya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks, seperti sayuran, buah, kacang dan biji-bijian.

Sebaiknya anda masak sendiri agar anda bisa mengontrol apa yang anak anda makan, dan beritahu agar tidak jajan diluar.

2. Menjalani Olahraga Secara Rutin

Olahraga minimal 30 menit dalam sehari, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk mencegah diabetes. Dengan berolahraga, tubuh akan menggunakan hormon insulin dengan lebih efektif. Sehingga kadar gula dalam darah dapat lebih terkontrol.

Agar anak anda ingin berolahraga, jauhi mereka dari gadget agar anak anda mau bergerak. Jika dari awal sudah ketergantungan dengan gadget, biasanya sangat susah untuk diajak menggerakan tubuh.

3. Pengecekan Gula Darah Secara Rutin

Pemeriksaan gula darah secara rutin bertujuan untuk memantu kadar gula dalam tubuh. Kadar gula harus dipastikan tetap terjaga tidak lebih dari kadar yang sudah direkomendasikan.

4. Berikan Edukasi terkait Kondisinya

Pemberian edukasi dalam hal kesehatan merupakan hal sangat penting. Terlebih lagi jika anak sedang mengidap suatu penyakit seperti diabetes. Edukasi yang harus dilakukan terkait cara-cara yang sudah disampaikan diatas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: