Makanan yang Kaya akan Vitamin C

Vitamin C

Vitamin C (Asam Askorbat) sangat penting  bagi tubuh untuk pembentuk kolagen yang berfungsi untuk memperbaiki kulit, tulang, dan gigi. Defisiensi atau kekurangan asam askorbat atau yang sering disebut sebagai skorbut, dapat mengakibatkan anemia, gusi berdarah, dan luka menjadi sulit untuk sembuh.

Untuk mencegah terjadinya defisiensi vitamin ini, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Berikut jenis-jenis makanannya:

1. Pepaya

Satu buah pepaya mengandung sekitar 235 mg Vit C. Pepaya juga memiliki kandungan lainnya yang sangat baik bagi tubuh, yaitu vitamin A, B1, B3, B5, E, K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat dan magnesium.

Pepaya juga dipercaya mampu mencegah demensia dan kanker sekaligus dapat menyehatkan saluran cerna dan memperkuat daya tahan tubuh.

2. Stroberi

Satu cangkir potongan stroberi 150 gram menyediakan 90 mg vitamin C. Selain itu, buah stroberi juga mengandung mangan, flavonoid, folat, dan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker, penyakit pembuluh darah, demensia dan diabetes.

3. Nanas

Kandungan vitamin C sekitar 78,9 mg. Selain itu, nanas juga mengandung bromelain, enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan mengurangi kembung. Bromelain juga bertindak sebagai anti-inflamasi alami yang dapat membantu Anda pulih lebih cepat setelah latihan yang berat.

4. Kiwi

Satu porsi kiwi atau sekitar 2 buah kiwi mengandung 137,2 mg vitamin C. Buah ini juga kaya akan kalium dan tembaga. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah Kiwi dapat membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh

5. Mangga

Buah tropis ini dapat digunakan untuk meningkatkan vitamin C dengan kandungan 122,3 mg di dalamnya. Mangga juga merupakan sumber vitamin A, yang memainkan peran penting dalam kekebalan dan juga membuat mata sehat.

6. Jambu Biji

Satu buah jambu biji mengandung 126 mg vitamin C. Tak hanya itu, buah yang berasal dari Meksiko ini juga kaya akan antioksidan lycopene. Sebuah studi yang melibatkan 45 orang muda dan sehat menyatakan bahwa mengonsumsi 400 gram jambu biji yang dikupas setiap hari, atau sekitar 7 buah bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total dalam tubuh.

7. Anggur Hitam

Dalam satu setengah cangkir anggur hitam atau Blackcurrant atau 56 gramnya mengandung 101 mg vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung flavonoid antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin bisa mengurangi kerusakan oksidatif yang terkait dengan penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan penyakit neurodegeneratif.

8. Jeruk

Kandungan asam askorbat untuk satu jeruk manis berukuran sedang menyediakan 70 mg. Sedangkan untuk Lemon, mengandung 85 mg. Lemon juga dapat digunakan untuk tambahan dalam jus maupun makanan atau bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis.

9. Leci

Leci per 100 gramnya mengandung 72 mg vitamin C. Tak hanya itu, Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 , yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darah Anda.

10. Cabai

Satu cangkir (80gr) cabai merah mengandung 100-107,8 vitamin C, sedangkan satu buahnya mengandung 65 mg. Dapat membantu meredakan nyeri sendi dan otot. Untuk cabai hijau, satu buahnya mengandung 109 mg.

11. Paprika

Paprika terdapat tiga macam jenis atau warna. Setiap jenis paprika terdapat kandungan asam askorbat yang berbeda-beda. Paprika merah mengandung 190 mg, paprika kuning 137 mg, dan paprika hijau 120 mg. Paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang bagus untuk meningkatkan kesehatan mata.

12. Kangkung

Kandungan vitamin C dalam satu cangkir kangkung sebanyak 80,4 mg.

13. Brokoli

Satu mangkuk brokoli masak mengandung 51 mg vitamin C. Mengkonsumsi brokoli diyakini bisa menurunkan stress oksidatif, meningkatkan imunitas dan menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

14. Kembang Kol

Sayuran yang mirip brokoli ini mengandung 69 mg tiap 100 gr. Selain itu, kandungan antioksidan, serat, kalium, dan asam folat dalam kembang kol cukup tinggi.

15. Sayuran Hijau

Kandungan asam askorbat dalam semangkuk sayuran hijau cukup tinggi. Seperti dalam sawi hijau masak memiliki kandungan sebanyak 117 mg, kubis brussel sebanyak 74,8 mg, kale sebanyak 53 mg sedangkan bayam 8.5 mg.

Walaupun kandungan vitamin C bayam tidak banyak, sayuran ini mengandung banyak nutrisi penting yaitu, vitamin A, K, folat, kalium dan zat besi. Hal ini menjadikan bayam sebagai sayuran yang layak untuk dikonsumsi secara rutin.

Kandungan fitonutrien di dalam kubis brussel juga bermanfaat untuk pencegah kanker. Sedangkan untuk sawi hijau juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, sebagai antioksidan dan pencegah kanker.

Dan untuk kale memiliki kandungan vitamin K dalam jumlah tinggi serta karotenoid lutein dan zeaxanthin yang berfungsi untuk kesehatan jantung dan menghilangkan racun.

16. Peterseli

Dua sendok makan sekitar 8 gram peterseli segar mengandung 10 mg vitamin C. Sama seperti sayuran berdaun hijau lainnya, peterseli adalah sumber dari zat besi nabati bisa membantu mencegah dan mengobati anemia defisiensi besi.

17. Daun Thyme

Sebanyak 28 gr daun thyme segar ternyata memiliki kandungan  45 mg Vitamin C. Selain menjadi bumbu masak, daun thyme biasanya juga diolah menjadi teh herbal, minyak esensial untuk aromaterapi, hingga obat tradisional.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: