Makanan Yang Dapat Mengatasi Sembelit Pada Anak

Sembelit

Cara Mengatasi sembelit dengan memberikan makanan yang dapat melancarkan pencernaan, anda bisa menambahkan beberapa makanan pada menu makan anak anda yang bisa melancarkan proses pencernaan anak anda.

  • Jus

Apel dan Pir merupakan buah yang direkomendasikan untuk dibuat jus. Karena kandungan laksatif pada apel dan kandungan sorbitol pada pir dapat melunakan feses bayi.

  • Alpukat

dapat diberi sebagai MPASI. Kandungan nutrisinya dapat melancarkan BAB dan buah ini juga kaya akan vitamin untuk bayi.

  • Papaya

Memiliki kandungan yang dapat melunakan tinja. Sehingga mempermudah pembuangan tinja. Enzim papain dapat membantu usus besar untuk mencerna protein dengan baik. Kandungan seratnya juga sangat tinggi sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan.

  • Pisang

Pisang mengandung serat tinggi sehingga bisa meringankan sembelit.  Selain itu, kandungan kalium pada pisang akan membantu menyempurkan elektrolit dalam tubuh untuk melancarkan saluran pencernaan. Obat pencahar alami ini juga mengandung bakteri probiotik baik yang bernama fructooligosaccharides, sehingga kandungan buah pisang tepat untuk meredakan sembelit. 

  • Apel

Selain selain di jus dimakan secara langsung juga tetap sama manfaatnya. Buah yang satu ini bisa juga Anda jadikan sebagai obat pencahar alami untuk mengatasi sembelit. Apel mengandung pektin dan serat yang dapat merangsang organ perut mengeluarkan feses. 

  • Pir. 

Bila tidak ada apel atau pisang, Anda bisa memilih pir sebagai obat pencahar alami untuk meredakan sembelit. Pir merupakan buah yang kaya serat dan air yang baik untuk pencernaan. Selain itu, buah pir juga kaya fruktosa dan sorbitol dibanding buah lainnya. Fruktosa adalah jenis gula yang sering kali tidak diserap dengan baik oleh beberapa orang sehingga akan berakhir di usus besar. Gula ini akan menarik air membuat feses jadi lebih lunak. Sementara sorbitol yang bertindak sebagai obat pencahar alami akan merangsang gerakan usus jadi lebih cepat sehingga feses akan terdorong keluar dari anus. Akan lebih baik jika buah ini dimakan langsung bersamaan dengan kulitnya, agar lebih cepat mengatasi susah buang air besar.

  • Ubi jalar

juga dapat diberikan untuk MPASI. Selain kaya akan karbohidrat serta vitamn A dan C, uji juga mengandung banyak serat yang berguna untuk membantu melancarkan pencernaan.

  • Oatmeal

juga salah satu pilihan untuk dijadikan MPASI. Kandungan serat dalam oatmeal membantu mengatasi BAB pada bayi.

  • Brokoli.

Sayur ini hanya boleh diberikan ketika anak sudah usia 8 bulan lebih atau saat anak sudah siap mengkonsumsi makanan padat. Kandungan serat dan vitamin dalam brokoli juga sangat bagus untuk melancarkan pencernaan bayi.

  • Bayam

mengandung zat besi tinggi yang bisa mengatasi anemia atau kurang darah. Kandungan asam folat dan asam oksalat nya bisa membantu mengatasi kolesterol, asma, gangguan kulit dan rambut. Dicampur dengan madu, bayam juga bisa menjadi ramuan pencahar alami yang efektif.

  • Madu

memiliki enzim serta mineral penting yang dapat memberikan efek positif pada saluran pencernaan, dengan memperkuat saluran cerna. Sehingga dapat mencerna makanan yang keras. Cara konsumsinya yaitu madu ditambah air hangat, diminum kurang lebih setengah jam sebelum makan untuk mempersiapkan sistem pencernaan untuk makanan berat agar terhindar dari sembelit.

  • Biji-bijian atau gandum.

Makanan yang mengandung serat tinggi dapat memperlancar proses pencernaan. Roti gandum bisa salah satu jadi pilihan untuk dijadikan sarapan.

Diatas adalah daftar makanan yang bisa anda tambahkan ke menu makan anak anda. makanan-makanan diatas memiliki efek yang sama sebagai pencahar atau memiliki serat yang tinggi. Tetapi jika anak anda sudah mengkonsumsi makanan yang tinggi serat maupun memiliki efek pencahar tetapi masih belum lancar juga, anda bisa mengikuti langkah lainnya Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: