Makanan Sehat Untuk Anak

Makanan Sehat Untuk Anak adalah makanan yang sangat dibutuhkan oleh anak. Anak sangat membutuhkan makanan yang sehat karena hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak. Setiap kandungan gizi yang terdapat pada makanan yang anak konsumsi, mempunyai kandungan manfaat yang berbeda.

Contoh Makanan Sehat Untuk Anak

contoh makanan sehat untuk anak

manfaat dari makanan yang sehat dapat anak rasakan pada tubuhnya dan juga pada perkembangan otak nya. Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang sehat untuk anak yang dapat orang tua sediakan di rumah dalam kehidupan sehari-hari:

 Sereal

contoh makanan sehat untuk anak

Sereal merupakan salah satu makanan yang mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan anak. Beberapa kandungan gizi tersebut adalah serat, vitamin dan mineral. Kandungan-kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh anak terlebih anak yang sedang berada pada masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat.

Agar sereal dapat dijadikan sebagai menu sarapan atau juga sebagai cemilan sehat. Orang tua juga harus kreatif mencari cara penyajian sereal agar anak semangat dan tidak bosan untuk mengkonsumsinya. Seperti contoh sereal dapat dikonsumsi dengan tambahan susu agar rasanya bertambah enak dan anak akan lebih suka. Kita dapat menambahkan susu dancow pada sereal tersebut karena susu dancow juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk anak serta memiliki rasa yang enak dan sangat cocok pada lidah anak.

Buah-buahan

buah sehat untuk anak

Sudah kita ketahui, buah-buahan adalah makanan yang mempunyai banyak jenis untuk kita pilih sesuai dengan yang kita sukai dan juga setiap buah  memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita terlebih untuk anak. Sebagian besar anak akan menyukai satu atau beberapa jenis buah dari banyak buah yang ada. Tetapi, ada juga anak yang kurang menyukai buah-buahan sehingga sebagai orang tua kita ada baiknya jika kita membiasakan anak mengkonsumsi buah sedini mungkin agar anak akan terbiasa dengan mengkonsumsi buah.

Mengingat kandungan buah yang begitu banyak yang akan anak dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Buah tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung, namun kita dapat menyajikannya dengan beberapa pilihan seperti jus, atau dapat dijadikan sebagai bahan kue untuk cemilan anak. Dan itulah beberapa makanan sehat untuk anak yang dapat kita ketahui.

Sayuran

makanan sehat untuk anak

Sayuran merupakan makanan yang wajib Anda berikan kepada anak Anda. Karena sayuran mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak dan dapat menurunkan resiko penyakit berat seperti jantung dan kanker. Jadi, selaku orangtua sudah seharusnya membiasakan anak-anak menyukai sayuran, meskipun terkadang sayuran sangat tidak disukai oleh anak-anak karena rasa, bentuk dan warnanya. Membiasakan dan memperkenalkan sayuran sejak usia dini nantinya akan terbiasa sampai mereka menjadi tumbuh dewasa. Alasan mengapa anak harus mengkonsumsi sayuran antara lain :

Mengandung vitamin dan juga mineral penting seperti vitamin A, C, E dan kalsium yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan juga membangun jaringan tubuh

Banyak mengandung zat sebagai pelindung dari penyakit. Sayuran dan buah-buahan sangat penting karena banyak mengandung zat yang dapat melindungi anak dari penyakit, karena itu sudah seharusnya anak-anak diajarkan untuk menyukai sayuran agar dapat membangun kebiasaan hidup sehat sampai mereka menginjak dewasa, karena sayuran mampu menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan darah tinggi serta beberapa penyakit lainnya.

Sayuran dapat membantu anak terhidrasi. Dengan mengkonsumsi sayuran akan mencegah terjadinya dehidrasi karena didalamnya banyak terkandung cairan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: