Madu Anak Dan Manfaat Nya

Madu sangat bermanfaat untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Madu dapat meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan, karena kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Proses penyerapan vitamin yang terkandung di dalam madu lebih cepat jika dibandingkan dengan mengkonsumin makan lain seperti buah dan sayuran. Kandungan asam folat yang tinggi dipercaya dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan. Dalam tumbuh kembang sikecil, diperlukan gizi, kalori, mineral, vitamin dan mineral lain yang seimbang. Oleh karena itu, tidak heran saat ini banyak produk susu yang dicampur dengan madu sebagai bahan pendukung dari susu untuk dikonsumsi. Madu yang dilengkapi dengan kalori dan gizi dapat membantu melengkapi makanan yang dikonsumsi oleh sikecil secara seimbang.

Manfaat Madu Anak

Madu Anak memiliki banyak kandungan gizi dan kalori juga bermanfaat untuk melengkapi makanan yang dikonsumsi oleh sikecil, untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kalorinya setiap hari dengan seimbang. Berikut adalah manfaat madu untuk anak yang perlu diketahui :
  1. Sumber Vitamin Yang Lengkap Bagi Anak
madu anak dan manfaat nya Madu mengandung seluruh vitamin yang dibutuhkan oleh anak, yaitu : A, B1, B2, B3, B5, B6, D, K, E, Uric Acid, dan asam nikotinat. Semua vitamin ini penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh anak, selain itu dapat diserap tubuh dengan mudah selama satu jam setelah mengkonsumsi madu. Hal ini berbeda dengan vitamin pada berbagai makanan lain yang lebih lambat proses penyerapannya dibandingkan penyerapan vitamin yang terdapat di dalam madu.
  1. Dapat Menyembuhkan Batuk Anak
Anak-anak mudah terserang flu dan batuk, apalagi sekarang cuacanya cukup ekstrem, hal ini bisa menyebabkan flu dan batuk gampang menjangkiti anak-anak. Untuk menangkalnya, minumkan madu pada anak Anda secara rutin. Madu memiliki efek seperti obat dengan kandungan dekstrometorfan  yang berfungsi meredakan batuk pada malam hari sehingga tidur menjadi lebih lelap.
  1. Baik untuk Pencernaan Anak
Anak-anak biasanya kurang peduli pada kebersihan makanan yang mereka konsumsi. Mereka juga sering tak acuh terhadap higienitas tangan mereka ketika akan memegang makanan. Maka sudah jamak ditemukan anak-anak yang mengalami masalah dengan pencernaannya. Hal ini bisa diatasi dengan madu. Menurut penelitian, beberapa jenis madu ternyata memiliki beberapa bakteri yang ramah. Seperti 6 jenis laktobasilus dan 4 spesies bifidobacteria. Bakteri-bakteri ramah ini akan membunuh bakteri jahat di dalam usus.
  1. Memicu Pertumbuhan Otak Anak
Masa anak-anak adalah masa di mana otak sedang berkembang. Bantu perkembangan otak anak lebih optimal dengan madu. Berilah satu sendok makan madu asli sebelum tidur. Hal ini akan meningkatkan fungsi kinerja otak sebab fruktosa yang terkandung pada madu akan memberi energi cadangan pada hati dan bekerja pada otak semalaman pada saat anak Anda sedang tidur. Itulah mengapa madu dipercaya sebagai zat penambah energi para atlet zaman Yunani kuno selama berlangsungnya acara olimpiade.
  1. Membantu Pertumbuhan Anak
Tidak diragukan lagi bahwa madu dapat membantu pertumbuhan sikecil secara optimal. Madu mengandung cukup banyak zat besi (Fe) dan tembaga (Cu) sedang ASI atau susu sapi mengandung lebih sedikit dibandingkan madu. Asupan Fe dan Cu yang cukup akan membantu proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: