Kolesterol Tinggi, Kamu Harus Coba Cara ini

Kolesterol

Kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh kebiasaan tidak sehat yang sering kamu lakukan, seperti mengonsumsi makanan berlemak dan jarang berolahraga. Jika kolesterol tinggi ini tidak ditangani, kamu akan berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti, serangan jantung dan stroke.

Untuk menurunkan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/LDL) dalam tubuh sebenarnya sangat mudah, tidak perlu menggunakan obat-obatan, berikut beberapa caranya:

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Selain itu, sayuran dan buah juga kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin E, folat, dan selenium. Beberapa sayuran seperti wortel, kentang, dan terong, mengandung pektin atau serat larut, yang dapat menurunkan kolesterol.

Selain sayur, buah juga kaya akan serat larut, yang dapat membantu menurunkan kolesterol bahkan hingga 10%. Kita dapat mengonsumsi buah alpukat, jeruk, apel, stroberi, dan anggur untuk menurunkan kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah. Makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

3. Pilih Makanan Rendah Lemak

Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi wajib mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak yang rendah. Kamu bisa mengonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu. Hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.

4.Konsumsi Makanan atau Minuman yang Mengandung Serat Larut

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, kamu disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, misalnya alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

Akan lebih baik lagi jika makanan atau minuman tersebut mengandung vitamin B1 dan B2, yang mampu membantu pembakaran kolesterol dalam tubuh menjadi energi.

Serat yang mudah larut menandakan nutrisi ini bisa larut di air tapi tidak bisa dicerna oleh tubuh. Tapi, bakteri baik yang hidup di usus (probiotik) bisa mencerna serat ini.

5. Berolahraga secara teratur

Selain mengatur pola makan, kamu juga disarankan untuk rutin berolahraga. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga yang rutin tentu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk menurunkan kolesterol.

Olahraga ringan dengan durasi 30 menit yang dilakukan rutin selama 5 hari terbukti bisa meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: