7 Jenis Nutrisi Yang Bermanfaat Untuk Otak

Tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi yang berfungsi untuk menunjang kinerja organ-organ tubuh manusia. Salah satu Nutrisi yang diperlukan oleh tubuh adalah vitamin. Vitamin sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu Vitamin A, B, C, D, E, K dan memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Secara Umum vitamin dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu vitamin larut lemak dan vitamin larut air. Vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E dan K, jenis ini akan tersimpan dalam jaringan hati dan lemak setelah terserap oleh tubuh dari asupan makanan. Sedangkan vitamin larut air jika berlebihan jumlahnya dalam asupan akan terbuang lewat urine dan feses tidak akan tersimpan oleh tubuh, vitamin C dan vitamin B komplek termasuk dalam jenis ini.

Jenis-Jenis Vitamin yang Baik untuk Otak

  1. Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat merupakan nutrient penting yang dibutuhkan otak. Vitamin C berperan sebagai anti oksidan yang baik. Vitamin C dibutuhkan untuk menurutrisi jaringan otak.  Vitamin C dapat melindungi otak dari radikal bebas yang merugikan.

  1. Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrient yang baik untuk madu gemuk anak nutrisi & vitamin otak anak. Selain bermanfaat untuk perkembangan tulang dna gigi, vitamin D berperan penting dalam perkembangan otak anak. Vitamin D berperan dalam produksi neurotransmitter otak atau zat kimia otak yang berfungsi dalam hubungan komunikasi antar sel otak. Pemberian suplemen vitamin D pada anak dapat meningkatkan fungsi kerja otak.

  1. Vitamin E

Vitamin E dikenal dengan manfaatnya untuk kulit. Namun tidak hanya berfungsi untuk menutrisi kulit, vitamin E juga melindungi dan memaksimalkan fungsi otak. Terdapat banyak sekali aktivitas yang terjadi diotak. Aktivitas tersebut tinggi akan proses oksidasi. Vitamin E murupakan sumber anti oksidan yang dapat menurunkan stress pada otak. Vitamin E dapat membantu otak untuk berfikir lebih jernih.

  1. Vitamin B3

Vitamin B3 merupakan zat penting dalam suplai energi untuk otak. Pemberian vitamin ini dapat meningkatkan kadar energi yang selanjutnya dapat menstimulasi kerja otak. Kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan gangguan daya ingat. Selain itu vitamin ini juga berfungsi antioksidan yang baik untuk tubuh.

  1. Vitamin B1

Vitamin B1 merupakan nutrisi penting bagi otak. Vitamin ini dapat meningkatkan suplai energi untuk otak dan dapat meningkatkan kemampuan belajar anak. Kekurangan vitamin B1 dapat berbahaya bagi sel saraf pada otak. Selain itu kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan gangguan daya ingat.

  1. Vitamin B2

Vitamin B2 merupakan nutrisi penting bagi otak. Vitamin B2 dibutuhkan untuk transmisi impuls saraf, termasuk transmisi saraf otak. Kekurangan riboflavin dapat menyebabkan disfungsi otak. Selain itu vitamin B2 juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

  1. Zat Besi

Zat besi merupakan mineral penting dalam perkembangan dan fungsi kognitif anak. Defisiensi zat besi dapat menyebabkan IQ (intelligence Quotient) yang rendah pada anak. Selain itu, defisiensi zat besi juga dapat menyebabkan penurunan kemampuan daya ingat yang dan mengakibatkan kemampuan berfikir yang buruk.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: