Jenis-Jenis Makanan Yang Menjadi Sumber Energi

Makanan Penambah Energi

 

Makanan adalah sumber utama untuk menghasilkan energi. Tapi tidak semua makanan dapat membuat segar kembali dan kembali bertenaga. Beberapa jenis makanan justru membuat Anda lebih lelah. Berikut adalah makanan dan nutrisi yang bisa menjadi sumber energi:

  • Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat menjadi pemasok utama sumber energi dalam tubuh. Namun untuk mendapatkan energi yang baik, pilihlah karbohidrat kompleks jangan karbohidrat sederhana. Walaupun sama-sama karbohidrat tetapi memiliki proses pencernaannya berbeda didalam tubuh.

Karbohidrat sederhana biasanya terdiri dari gula atau makanan manis, akan langsung diubah tubuh menjadi gula darah yang kemudian diolah jadi energi. Sedangkan karbohidrat kompleks lebih lama diubah jadi energi oleh tubuh. Contoh karbohidrat kompleks antara lain:

    • Nasi Merah
      Kenapa harus nasi merah, karena nasi merah memiliki banyak keunggulan dari pada nasi putih. Nasi merah memiliki serat yang lebih tinggi, kalorinya lebih rendah, vitaminya lebih banyak, lebih kaya mineral, indeks glikemiknya lebih rendah.
    • Roti Gandum
      Roti gandum pun juga sama seperti nasi merah untuk kelebihannya ketimbang roti biasa. Karbohidrat lebih tinggi, kalorinya lebih rendah, kandungan indeks glikemiknya lebih rendah, vitaminnya lebih tinggi dan lebih rendah kalori.
    • Kentang
      Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sering dijumpai. Tidak sedikit orang di Indonesia yang sering menjadikan kentang sebagai lauk untuk dimakan dengan nasi. Walaupun hal ini yang menjadikan karbohidrat yang dimakan menjadi dua kali lebih banyak. Kentang sangat baik untuk menjadi sumber karbohidrat karena kandungan seratnya yang tinggi dan memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), yang membuat kenyang lebih lama. Nah, untuk memakan kentang lebih baik makan bersama kulitnya, karena kandungan serat dalam kulit kentang cukup tinggi.
    • Ubi Jalar,
      Selain dapat menyuplai energi, ubi jalar mengandung kalium. Kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh sehingga menjaga cairan tubuh tetap normal. Kalium dalam ubi dapat membuat tubuh rileks dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres pada tubuh yang dapat membuat tubuh merasa lelah. Rasa manis alami pada ubi jalar juga dipercaya dapat membuat tubuh kembali berenergi setelah seharian bekerja.
  • Protein Tanpa Lemak

Protein membantu menjaga perut tetap kenyang di antara jam-jam makan. Zat gizi ini juga dapat membuat kadar gula darah Anda stabil, sehingga mencegah lonjakan energi yang bisa bikin tubuh cepat lelah.

Jika mengkonsumsi makanan berprotein lebih baik konsumsi makanan yang mengandung protein nabati. Karena protein nabati tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh berbeda dengan protein hewani. Tapi bukan berati makanan yang mengandung protein hewani itu buruk. Tahu dan tempe merupakan contoh makanan yang mengadung protein nabati. Selain itu, beberapa kacang-kacangan seperti Edamame atau kedelai Jepang mempunyai sumber protein nabati tertinggi, lalu buah-buahan dan sayur-sayuran.

  • Buah dan Sayuran Segar

Semakin segar makanan yang Anda konsumsi maka semakin kaya nutrisi yang dikandungnya. Makanan yang kaya nutrisi penting untuk mengembalikan energi tubuh. Buah dan sayur olahan melalui banyak proses yang dapat membuat nutrisinya menjadi berkurang. Alpukat, pisang, raspaberi, pir, apel merupakan buah yang kaya serat sehingga bisa membuat kenyang lebih lama. Selain itu kandungan vitamin dan mineralnya sangat baik untuk tubuh. Sedangkan untuk sayur-sayuran yang kaya serat, antara lain bayam, brokoli, kale dan sayuran hijau lainnya. Sayur-sayur ini juga memiliki kandungan protein nabati, vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

  • Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian merupakan sumber makanan terbaik untuk menyingkirkan rasa lelah dan mengatasi rasa lapar. Memasukkan berbagai menu kacang dan biji-bijian ke dalam camilan sehat Anda dapat menjadi pilihan bijak karena mengandung banyak nutrisi sekaligus bisa digunakan sebagai sumber energi yang menyehatkan. Anda bisa mengonsumsi kacang almond, mete, hazelnut, kenari, biji bunga matahari, dan biji labu. Selain itu, Quinoa dan Chia seed yang termasuk dalam Superfoods memiliki serat dan kandungan gizi lainnya yang tinggi.

Penuhi selalu kebutuhan gizi harian anda dan keluarga anda. Selalu perhatikan pola makan agar sesuai dengan aktivitas yang dijalani. Bila perlu, konsumsi juga suplement vitamin untuk Meningkatkan Imun Tubuh jika dirasa asupan nutrisi yang didapatkan dari makanan masih kurang. Salam Sehat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: