Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Coba Tips ini!

Tidur

Tidak sedikit dari kita yang selalu ingin tidur dengan nyenyak. Tapi kadang tuntutan pekerjaan atau tugas-tugas bagi pelajar yang banyak membuat kita sulit untuk tidur dengan nyenyak. Tak jarang kita tidur hanya beberapa jam saja saat sedang banyak pikiran dan membuat badan pegal-pegal semua karena istirahat yang kurang pada malam hari. Nah, agar tidur malam mu bisa lebih berkualitas coba tips-tips berikut:

1. Membatasi Tidur Siang

Tidur siang bisa menjadi penyebab kamu sulit tidur di malam hari. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari ataupun membatasi tidur siang, yaitu maksimal 30 menit.

2. Hindari Olahraga Berat Sebelum Tidur

Olahraga dapat menghasilkan efek lelah yang membuat mudah tidur, tapi seringkali juga dapat menghasilkan efek segar yang membuat tubuh makin terjaga. Bagi kamu yang sulit tidur setelah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan. Jika Ingin berolahraga, sebaiknya lakukan olahraga setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur atau lakukan olahraga di pagi hari.

3. Hindari Makanan Berat Menjelang Waktu Tidur

Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga mengganggu tidur nyenyak. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit, sereal, atau susu. Satu hal lagi, batasi waktu makan, paling lambat 2 jam sebelum tidur, lebih jauh dari waktu tidur lebih baik.
Selain itu, batasi konsumsi air sebelum tidur. Terlalu banyak minum air sebelum tidur dapat membuatmu terbangun tengah malam karena ingin buang air kecil. Ini dapat mengganggu tidurmu.

4. Hindari Kopi, Merokok atau Alkohol

Kopi mengandung kafein yang dapat membuat kamu sulit mengantuk. Meskipun dipaksakan untuk tidur, kamu bisa terbangun beberapa kali di malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur kamu menurun dan mengurangi waktu tidur. Efek nikotin pada rokok pun sama.

Bagi beberapa orang, alkohol digunakan untuk menghangatkan tubuh. Namun, konsumsi berlebihan dari minuman ini justru membuat kamu jadi susah tidur. Alkohol bisa menyebabkan kemungkinan terjadi sleep apnea, mengorok, dan gangguan pada jam tidur. Selain itu, alkohol juga memicu produksi melatonin sehingga kamu akan lebih sering terjaga.

5. Hindari Bekerja dan Menggunakan Gadget Dikamar Tidur

Hindari bekerja di tempat tidur agar pikiran kamu bisa rileks. kamu juga dianjurkan ‘melupakan’ sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian.

Sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan di tempat kerja. Namun sebagian orang merasa tidak memiliki cukup waktu sehingga ada sisa pekerjaan yang diselesaikan di rumah.

Melatonin, hormon alami tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang membantu kamu tidur, hanya ada di malam hari. Jadi, saat kamu mematikan lampu kamar dan berhenti mengutak-atik handphone sebelum tidur, otak dan mata kamu akan mulai mengirimkan sinyal ke kelenjar pineal untuk mulai memproduksi melatonin.

6. Buatlah Jadwal Tidur yang Tetap

Tidur pada jam yang sama secara rutin bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh menciptakan alarm alami. Untuk memudahkan jadwal tidur teratur, kamu bisa mencoba tidur bifasik. Lakukan kebiasaan tidur teratur, bahkan saat akhir pekan. Jadwal tidur yang tetap akan membantu kamu tidur nyenyak. Jangan lupa untuk menciptakan suasana ruang tidur senyaman mungkin dan gunakan pencahayaan yang redup agar tubuh dapat beristirahat sepenuhnya.

7. Buat Kondisi Kamar Kamu Senyaman Mungkin

Biasanya kamu akan tidur lebih nyaman di lingkungan yang nyaman untuk tidur. Lingkungan yang tenang, gelap, dan sejuk dapat membantu kamu tidur dengan nyaman. Dengan membuat kamar menjadi gelap, dapat memberi sinyal ke otak bahwa ini waktunya tidur.

8. Buat Tubuh Rileks

Langkah berikutnya ialah persiapkan tubuh sebelum tidur. Buat tubuh serileks mungkin dengan beragam aktivitas misalnya, mandi air hangat, menyalakan lilin aroma terapi, minum teh herbal dengan madu atau membaca.

9. Mencoba Gerakan Yoga

Olahraga ringan yang dibarengi dengan sesi relaksasi napas sejenak 10-20 menit sebelum tidur bisa membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak, namun jangan berlebihan karena tubuh kamu justru malah akan semakin lelah dan bisa terdistraksi dari tidur. Yoga atau meditasi bisa jadi jalan keluar yang ampuh melawan insomnia, tidak hanya untuk menenangkan pikiran dari stres pekerjaan, namun juga menyiapkan tubuh untuk tidur nyenyak.

10. Asupan Makanan Sehat

Pilihan makanan pun mempengaruhi seluruh aktivitas termasuk tidur. Nutrisi seimbang sebelum tidur diperlukan agar tubuh lebih rileks, bukan lebih bersemangat.

11. Berjemur Saat Pagi Hari

Berjemur pada pagi hari dan mendapatkan sinar matahari selama 10-15 menit ternyata baik untuk tubuh. Selain itu meningkatkan vitamin D, peluang terjadi gangguan siklus tidur akan kecil. Sempatkan berjemur pada pagi hari sebelum pukul 09,00.

12. Mengurangi Paparan Cahaya Biru Saat Malam

Tahukah kamu kenapa saat malam hari rasa kantuk kerap hilang kalau melihat layar ponsel atau laptop? Hal ini terjadi karena cahaya biru yang dominan menyebabkan gangguan hormon di dalam tubuh. Kalau kamu ingin mengurangi paparan cahaya biru, berhenti menggunakan ponsel untuk sementara waktu bisa jadi tips tidur nyenyak berkualitas yang ampuh.

13. Jauhkan Jam dari Kamu

Jika kamu tidak bisa tidur, atau terbangun di malam hari dan melihat waktu yang berjalan seakan ‘menghantui’ kamu, ini akan membuat kamu gugup dan cemas, dan semakin sulit bagi kamu untuk memulai atau kembali meneruskan tidur.

14. Siapkan Baju dan Tas Kantor Sebelum Tidur

Memutuskan baju apa yang akan kamu pakai untuk hari itu bisa menjadi tugas yang menghabiskan waktu, belum lagi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyiapkannya.

Hemat waktu kamu di pagi hari untuk bisa sedikit bersantai dengan menyiapkan segala kebutuhan kamu untuk esok harinya di malam hari sebelum tidur, termasuk bekal dan sarapan kamu.

Membuat tidur lebih nyenyak atau berkualitas sangat baik untuk kebugaran aktivitas keesokan harinya. Tingkat stres seseorang juga mempengarui kualitas tidur, semakin stres akan semakin sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Maka dari itu, bagi kalian yang mempunyai tingkat stres yang tinggi lebih baik relekskan pikiran kalian terlebih dahulu. Selain itu, kalian juga harus menjaga daya tahan tubuh kalian agar tidak sakit.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: