Curcumin Disebut-sebut Dapat Menangkal Virus Corona

Temulawak

 

Masuknya virus corona ke Indonesia menyebabkan kekhawatiran bagi masyarakat Indonesia. Namun, para dokter dan ahli mengimbau pada mastarakat untuk tidak panik pada situasi tersebut. Beberapa hari terakhir muncul berita yang menyebutkan bahwa Curcumin disebut-sebut dapat menangkal virus corona. Berita ini datang dari Guru Besar Universitas Airlangga (UNAIR), yang mengatakan “Infeksi Corona yang terjadi diparu mengakibatkan terjadi badai sitokin, sebagai proses biologis yang bisa ditangkal dengan curcumin yang banyak terkandung dalam Temulawak, Jahe, Kunyit dan Serai”.

Badai sitokin ini dapat ditekan produksinya dengan mengkonsumsi Curcumin. Jahe dan Serei sendiri sebeneranya tidak mengandung curcumin tetapi memiliki efek sebagai penguat daya tahan tubuh sedangkan yang memiliki curcumin hanya kunyit dan temulawak.

Guru Besar UNAIR ini juga mengatakan, bahwa ada dua macam infeksi virus corona yaitu, low pathogenic yang tidak begitu ganas dimana reseptornya ada disaluran atas dan high pathogenic yang reseptornya ada di paru yang berakibat fatal. “Virus high pathogenic berakibat fatal tatkala virus itu masuk ke paru. Low pathogenic bisa sembuh karena di saluran atas, di mana dengan batuk akan keluar,” paparnya.

Tips Mencegah Penularan Virus Corona

  • Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan benar adalah hal paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun antiseptik selama 20 detik. Jika sulit atau tidak memungkinkan mencuci tangan, hand sanitizer bisa menjadi alternatif lain. Sejak penyebaran virus ini, beberapa fasilitas umum sudah mulai menyediakan hand sanitizer gratis untuk umum atau anda juga bisa membawa sendiri tetapi harus yang kandungan alkoholnya minimal 60% agar lebih efektif.

  • Menggunakan Masker

Ada dua tipe masker yang bisa digunakan, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah merupakan masker yang mudah didapatkan dan hanya untuk sekali pakai. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman namun tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi termasuk virus corona.

Sedangkan masker N95 adalah masker yang memang sudah dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya diudara. Jenis masker ini sebenarnya lebih direkomendasikan untuk pencegahan. Meski demikian, masker ini kurang nyaman di gunakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah berbagai macam penyakit. Untuk itu disarankan mengkonsumsi makanan sehat seperti, sayuran, buah-buahan dan makanan berprotein seperti, telur, ikan dan daging tanpa lemak. Ramuan diatas seperti yang disebutkan Prof. Nidom juga bisa dijadikan tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Lakukan Etika Bersin dan Batuk

Tutup mulut dan hidung menggunakan tisu atau lengan baju ketika batuk atau bersin. Karena banyak orang ketika batuk atau bersin tidak menutup mulutnya. Padahal virus yang dikeluarkan dari mulut dapat menyebar sehingga terhirup oleh orang lain. Walaupun hal ini sebenernya lebih disarankan bagi yang sakit, tapi tidak ada salahnya orang yang tidak sakit juga melakukannya.

  • Tidak Pergi ke Negara Terjangkit

Sebaiknya ditundah dulu untuk berpergian keluar negeri. Karena seluruh negara didunia sudah mulai banyak yang terjangkit virus corona.

  • Cek Kesehatan

Lakukan cek kesehatan untuk mengetahui anda kesehatan tubuh anda terutama ketika anda sedang sakit tidak ada salahnya anda memeriksanya walaupun itu hanya sakit biasa.

Mencegah CoronaSumber: CNBC

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: