Cara Meringankan Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan memang bukan penyakit yang serius, tapi bisa jadi sangat mengganggu. Rasa nyeri saat menelan makanan serta demam ringan karena sakit tenggorokan bisa membuat aktivitas menjadi terganggu.
Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur tergantung penyebabnya. Selain menggunakan obat-obatan radang tenggorokan juga bisa menggunakan cara alami untuk meredakannya.

Beberapa Cara Alami untuk Mengatasi Radang tenggorokan:

1. Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Obat alami terbaik untuk mengatasi radang tenggorokan adalah memperbanyak minum air putih. Radang tenggorokan juga kerap disertai dengan gejala pilek.

Mengonsumsi minuman hangat pun dapat membantu melegakan hidung dari sumbatan, sehingga kamu bisa bernapas lebih lega. 

2. Kumur Air Garam

Air garam dapat membantu melapisi dan melembapkan selaput tenggorokan, sehingga nyeri saat menelan pun bisa berkurang.

Garam dapat berfungsi sebagai penarik air dan pereda gejala. Garam dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan dan pita suara. Berkumur dengan air garam 2-3 kali sehari hingga gejala radang tenggorokan berkurang.

Namun hindari lakukan aktivitas ini pada anak-anak yang masih terlalu kecil, atau belum mampu meludah. 

3. Mengonsumsi Madu

Madu yang sering dijadikan pengganti gula ini ternyata bisa membantu mengatasi radang tenggorokan. Hal ini lantaran madu memiliki efek antibakteri dan antivirus. Menurut studi yang dipublikasikan di Archives of Medical Research pada 2014, madu terbukti dapat menghambat replikasi virus influenza dan mempercepat penyembuhan infeksi flu.

Mengonsumsi madu, baik secara langsung atau dicampurkan dalam minuman seperti air putih atau teh, terbukti efektif mengurangi produksi lendir dan mengurangi gejala batuk pada anak-anak. Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya pilihlah madu alami yang tidak mengandung tambahan zat lain.

4. Air Perasan Lemon

Kandungan astringent yang terdapat dalam jus lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari. Selain menggunakan air hangat, perasan lemon juga bisa di tambahkan madu.

5. Kayu Manis Campur Madu

Tidak hanya sebagai bumbu masakan atau kue, kayu manis ternyata juga bisa menjadi obat tenggorokan sakit. Pasalnya, kayu manis memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Dengan begitu, kayu manis membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Cara penyajiannya, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu. Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya, dan setelah airnya sudah menghangat Kamu bisa mengonsumsinya. Kamu bisa minum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu.

6. Kumur dengan Cuka Apel dan Garam

Jika tenggorokan kamu meradang akibat batuk hebat, atasi dengan 1 sendok makan cuka sari apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Gunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari, jika diperlukan.

Cuka apel bersifat asam yang akan melapisi tenggorokan Kamu sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk dapat bertahan hidup.

7. Kumur Air Kunyit

Rempah berwarna kuning ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Untuk meredakan radang tenggorokan, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

8. Teh Chamomile

Teh chamomile telah lama digunakan untuk pengobatan seperti mengobati radang tenggorokan. Bahkan, menghirup uap bunga chamomile yang direbus dapat membantu meringankan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

9. Peppermint

Dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan napas dan melegakan tenggorokan karena mengandung mentol. Menghirup uap peppermint juga membantu mengencerkan lendir sehingga meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-virus, yang dapat mendorong penyembuhan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campur lima tetes minyak peppermint dengan minyak zaitun untuk dijadikan aromaterapi.

10. Konsumsi Bawang Putih Mentah

Bawang putih merupakan antibiotik dan obat anti-inflamasi alami. Jadi kunyahlah sebutir untuk mendapatkan khasiatnya.

Bawang putih juga memiliki sifat anti-bakteri alami berkat kandungan allicin, senyawa organosulfer yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi. Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan bisa menjadi cara untuk mendapatkan sifat anti-mikroba.

11. Biji Fenugreek

Seperti biji chia, biji fenugreek kini mulai banyak dijual karena manfaat sehatnya. Penelitian menunjukkan kalau fenugreek dapat menghilangkan rasa sakit dan membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi atau peradangan. Fenugreek juga memiliki sifat anti-jamur yang efektif.

12. Cabai Rawit

Menikmati sup hangat dengan beberapa potong cabe rawit bisa meredakan nyeri tenggorokan. Cabai rawit mengandung capsaicin, senyawa alami yang dikenal untuk memblokir reseptor rasa sakit. Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, menelan cabai dicampur dengan air hangat dan madu dapat membantu meredakan rasa sakit tenggorokan.

13. Permen Pelega Tenggorokan

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di pasaran mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus, bahan yang bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan Kamu.

Ketiga bahan ini mengandung properti anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendorong proses penyembuhan. Permen dan obat batuk berfungsi meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan Kamu tetap basah. Namun sesuai namanya, permen ini dapat melegakan tenggorokan gatal Kamu, walaupun hanya sementara dan sangat efektif untuk di saat darurat.

14. Menghirup Udara Lembap

Udara lembap pada saluran napas bagian atas akan membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan. Hindari terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC, atau gunakanlah pelembap udara (humidifier).

15. Mandi Air Hangat

Menghirup udara lembab dapat membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sekaligus juga mengatasi hidung mampet. saat mandi, ganti air dingin dengan air hangat.

Atau kamu bisa isi sebuah mangkuk besar dengan air hangat dengan menggantung selembar handuk di atas kepala kamu untuk menjaga uap hangat tidak keluar dari mangkuk. Tarik napas dalam-dalam selama beberapa menit dan terus ulangi selama beberapa saat untuk meringankan rasa sakit tenggorokan. Alternatif lainnya, Kamu bisa gunakan humidifier udara.

16. Mengonsumsi Makanan Lembut

Sementara pilihlah jenis makanan yang lembut dan tidak mengganggu atau melukai tenggorokan yang sedang meradang. Misalnya sup, bubur ayam, atau nasi tim, pastikan tidak terlalu panas.

17.  Jangan Terlalu Banyak Bersuara

Penggunaan pita suara secara berlebihan dapat memperparah radang tenggorokan. Agar radang cepat sembuh, maka minimalkan penggunaan pita suara dengan kurangi berbicara, setidaknya hindari bersuara keras

18. Berhenti Merokok

Jika Kamu seorang perokok, disarankan untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini akan memberikan efek positif terutama jika radang disebabkan oleh infeksi. Berhenti merokokakan membuat waktu penyembuhan lebih cepat.

19.  Istirahat

Istirahat mungkin adalah obat alami sakit tenggorokan terbaik yang dapat Kamu lakukan untuk melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan. Mendapatkan istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga Kamu bisa sembuh lebih cepat.

Radang tenggorokan bisa jadi sangat mengganggu, jadi segera obati jika tenggorokan mulai terasa sakit. Waspadai juga penyakit lainnya yang mungkin bisa jadi penyakit menular, gunakan masker jika memang tenggorokan terasa gatal dan ingin batuk-batuk. Tingkatkan imun tubuh agar jauh dari penyakit

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: