Cara Meredakan Batuk dan Pilek Pada Anak

Batuk

Batuk pilek merupakan keluhan yang sering menyerang anak-anak. Agar batuk pilek tidak mengganggu aktivitas si kecil, ada langkah-langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk meredakan kondisi ini, menggunakan cara alami menyembuhkan anak batuk pilek:

1. Uap Hangat 

Uap hangat bisa membantu untuk melancarkan hidung tersumbat pada anak yang mengalami batuk pilek. Anda bisa merebus air untuk mendapatkan uap hangat, tuangkan kedalam ember dan biarkan si kecil menghirup uapnya atau bisa juga menggunakan humidifier. Selain itu, air hangat yang sudah digunakan, juga bisa digunakan untuk mandi si kecil agar tubuhnya menjadi lebih hangat.

2. Madu & Lemon

Madu sudah dipercaya dapat meringankan batuk, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Bahkan banyak yang meyakini bahwa madu lebih mujarab dibandingkan dengan obat batuk yang banyak dijual bebas. Ingat, madu hanya boleh diberikan pada bayi usia diatas 12 bulan.

Sedangkan Lemon mengandung senyawa yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi pada saluran pernapasan. Lemon dapat digunakan untuk obat batuk dan pilek.

Madu maupun lemon dapat diminum secara terpisah dengan air hangat ataupun dicampur. Perasan lemon dicampur dengan madu lalu diseduh dengan air hangat, sesuaikan perasan lemon dan madunya agar mudah diminum oleh sikecil.

3. Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Air putih merupakan salah satu obat alami batuk pilek anak yang seringkali disepelekan. Ketika terserang penyakit, baik anak kecil maupun orang dewasa cenderung banyak mengeluarkan lebih banyak cairan sehingga tubuh rentan dehidrasi. Selain itu, memberikan air putih hangat juga dapat membantu mengencerkan dahak sehingga saluran pernapasan lebih lega.

4. Rempah-rempah

Rempah-rempah selain digunakan untuk bumbu masakan juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit. Kunyi dan jahe merupakan rempah-rempah yang dapat digunakan untuk meringankan batuk dan pilek.

Anda bisa merebus kunyit atau jahe setelah itu dicampurkan dengan susu agar lebih mudah diminum si kecil, atau bisa menggunakan jahe atau kunyit bubuk jika tidak ingin ribet agar bisa langsung diseduh dengan susu.

5. Oleskan Balsem Khusus Anak

Cara lain untuk meringankan batuk pilek pada anak adalah mengoleskan balsem ke dada, leher, dan punggungnya. Namun, pastikan balsem yang Anda gunakan memang diformulasikan khusus untuk bayi atau anak. Balsem bayi biasanya mengandung menthol, kayu putih, chamomile, dan camphor. Bahan-bahan alami tersebut dipercaya aman dan ampuh meringankan batuk pilek pada anak.

6. Konsumsi Sup Ayam

Sup ayam adalah comfort food saat tak enak badan. Tak hanya buat orang dewasa, anak pun menyukainya. Sup ayam bisa memberikan anak asupan cairan dan nutrisi karena terdapat sayuran dan ayam sebagai sumber vitamin, protein dan juga rempah-rempah. Selain itu, mengonsumsi sup hangat bisa memberikan efek langsung untuk melegakan tenggorokan dan pernapasan.

Karena anak kadang tak nafsu makan karena tenggorokan sakit, pastikan sup matang sempurna dan tak terlalu keras. Untuk anak di bawah setahun, Anda bisa memberikan makanan yang mudah ditelan seperti bubur.

7. Tidur yang Cukup 

Tidur adalah salah satu cara agar tubuh dapat melawan penyakit dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan tidur yang lebih banyak tubuh akan berfokus kepada pemulihan diri dengan begitu, sel imun akan semakin lebih baik dalam menghancurkan sel-sel yang terinfeksi virus penyakit.

Pastikan juga saat tidur, posisi kepala sikecil lebih tinggi dengan menggunakan bantal tambahan, agar bisa bernapas lebih lega.

8. Kumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan mengatasi gejala patuk dan pilek. Ajari sikecil untuk berkumur, jika masih belum bisa berkumur atau dibawah usia enam bulan anda bisa menggunakan obat tetes hidung yang bisa diperoleh di apotek.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: