Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Daya Ingat

Anak membutuhkan daya ingat yang tinggi agar dapat mengikuti pelajaran disekolah dengan baik. Namun sayangnya, daya ingat setiap anak berbeda-beda. Ada anak yang mudah mengingatnya ada yang membutuhkan waktu untuk mengingat.

Sebagai orang tua anda tidak perlu khawatir karena daya ingat anak bisa diasah agar bisa menjadi lebih baik. Nah berikut beberapa cara sederhana untuk meningkatkan daya ingat anak:

1. Bermain Sambil Belajar

Bermain merupakan kegiatan yang paling disukai anak-anak. Namun, untuk meningkatnya perkembangan otaknya, ajak si kecil untuk bermain yang dapat meningkatnya daya ingatnya.

Beberapa permainan yang dapat mengasah daya ingat antara lain puzzle, flash card, mewarnai, mencari gambar yang sama, serta menempelkan angka, huruf ataupun gambar.

2. Bercerita Bersama

Membacakan buku cerita sebelum tidur atau diwaktu luang. Dengan membacakan buku cerita anda dapat mengajak sikecil agar mengingat jalan cerita dalam buku tersebut.

Selain dapat meningkatkan daya ingat si kecil, anda juga dapat membuat si kecil meningkatkan daya tariknya dalam membaca.

3. Bernyanyi

Sama seperti membaca buku, bernyanyi juga merupakan salah satu cara yang baik untuk mengasah daya ingat. Lagu anak-anak itu bisanya berisi pengetahuan umum yang mudah dingat oleh anak. Selain itu lagu juga dapat menstimulasi perkembangan otak anak.

4. Aktivitas Fisik

Dengan melakukan aktivitas fisik dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh dan meingkatkan perkembangan otak si kecil. Tidak hanya itu keterampilan gerak dan interaksi sosial dengan orang disekitarnya juga akan terlatih secara tidak langsung.

Dengan berolahraga atau aktivitas fisik sikecil juga dapat terhindar dari obesitas dini. Jadi ajak anak anda untuk menggerakan badannya.

5. Istirahat yang Cukup

Belajar untuk perkembangan otak memang baik, tapi terlalu lama belajar justru malah berefek sebaliknya. Alih-alih agar lebih pintar, anak justru malah menjadi tidak suka belajar.

Maka dari itu, tidur yang cukup atau mengistirahatkan otak juga dibutuhkan. Hal ini dikarenakan selama tidur otak akan menyimpan hal-hal penting yang sudah dipelajarinya selama seharian. Para ahli merekomendasikan waktu tidur si kecil 11-13 jam perhari (sudah termasuk tidur siang).

6. Mengulas Pelajaran

Untuk mengetes daya ingat si kecil mengulas pelajaran yang sudah dipelajari merupakan cara yang efektif. Dalam hal ini anda bisa mengetahui sejauh mana si kecil dapat mengingat apa yang sudah dipelajarinya.

Tak sedikit dari anak-anak yang sulit untuk mengingat pelajaran disekolah, karena perkembangan otaknya yang berbeda-beda maupun karena pelajarannya kurang menarik, jadi mereka kurang memperhatikannya. Oleh karena itu, dengan mengulasnya kita bisa tahu perkembangan anak dalam hal mengingat.

7. Ajarkan Anak untuk Bertanya

Berbeda saat mendengarkan dikelas, dengan cara bertanya anak akan lebih mendapatkan jawaban secara spesifik.

Jawaban yang diperoleh saat anak bertanya akan lebih membekas dalam ingatan dan membuat lebih yakin dengan jawaban yang diperoleh saat membaca atau belajar sendiri.

8. Berikan Asupan Bergizi

Selain melakukan beberapa cara diatas, anda juga harus memperhatikan asupan untuk si kecil. Daya ingat memang bisa diasah tapi untuk membantu agar perkembangan otaknya lebih baik, asupan makanan yang bergizi sangat penting.

Berikan makanan yang dapat membantu perkembangan otak dengan makanan yang mengandung omega-3, asam folat, vitamin B dan zat besi, seperti dalam ikan laut, kacang-kacangan, bayam, brokoli, stroberi, alpukat, gandum susu dan keju.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: