Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak

Sembelit

Sembelit atau susah Buang Air Besar (BAB) merupakan hal yang umum terjadi pada anak. Faktor yang menyebabkan anak menjadi sembelit biasanya dari makanannya, seperti makan yang kurang serat atau makan yang padat terus, kebanyakan minum susu formula, kekurangan cairan dan lainnya. Selain itu kondisi medis tertentu atau faktor genetik seperti kelainan organ saluran cerna sejak lahir, alergi susu sapi, penyakit celiac, kadar kalsium terlalu tinggi dalam darah (hiperkalsemia), hipotiroid, penyakit Hirschprung, dan kelainan sumsum tulang belakang.

Cara Mengatasinya

  • Biasakan Anak Duduk di Toilet Secara Teratur

Cara ini bisa dilakukan sekitar 3 sampai 5 menit setelah makan. Meskipun anak tidak ingin buang air besar, tetap mintalah ia untuk duduk di toilet setiap harinya. Ciptakan suasana yang nyaman tiap buang air besar agar si kecil tidak merasa tertekan. Pastikan anak tidak menahan BAB agar tinjanya tidak mengeras dan sulit dikeluarkan.

  • Berikan Jus Buah

Beberapa buah mengandung laksatif alami yang bisa melancarkan pencernaan bayi. Seperti buah plum, pir, atau apel. Bunda bisa membuatkan smoothies buah tersebut yang dicampur ASI atau sufor lalu diberikan pada bayi umtuk melancarkan pencernaan bayi.

  • Berikan Makanan yang Tinggi Serat

Konsumsi makanan kaya akan serat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayur, dapat menjadi langkah sederhana namun efektif dalam mengatasi sembelit pada anak. Mengonsumsi cukup serat akan membuat tinja anak lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, aneka makanan berserat di atas juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin dan mineral, yang dibutuhkan oleh anak.

  • Batasi Pemberian Susu Formula

Jika anak berusia lebih dari 18 bulan, sebaiknya jangan berikan susu formula lebih dari 500 ml per hari. Pasalnya, pemberian susu yang berlebihan justru menyebabkan susah BAB. Sebagian anak bisa mengalami sembelit akibat intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu sapi yang dikonsumsinya.

  • Cukupi Kebutuhan Cairan

Saat sembelit, feses yang melewati usus bergerak lebih lambat. Hal ini menyebabkan usus menyerap cairan dari feses lebih banyak. Akibatnya, feses akan semakin padat dan kering. Nah, untuk mengatasi feses yang kering ini, Anda membutuhkan lebih banyak cairan, contohnya dari air putih. Cara kerja dari obat susah buang air besar alami ini adalah melunakkan feses dan membantu feses melewati usus dengan merangsang usus agar bergerak lebih cepat.

  • Ajari Anak Bergerak Aktif

Ajak anak untuk lebih aktif bergerak. Berikan anak waktu untuk bermain secara aktif setidaknya 30-60 menit tiap hari untuk menjaga pergerakan usus dan melancarkan proses pencernaan.

  • Atur Jadwal Makan Anak

Jadwal makan yang teratur mampu merangsang usus sehingg anak akan terbiasa buang air besar secara rutin. Makan secara teratur mampu merangsang gerakan saluran cerna anak, sehingga anak juga terbiasa untuk buang air besar secara rutin. Salah satu cara sederhana yang bisa Bunda lakukan adalah dengan memberikan anak sarapan setiap pagi.

  • Beri Obat Pencahar Anak

Pemberian obat pencahar ini adalah pilihan paling akhir jika anak anda  BAB nya memang tidak kunjung lancar juga. Pemberian obat pencahar tidak selalu disarankan karena obat hanya akan diberikan jika semua cara tidak mempan juga. Jika tidak tahu obat apa yang harus dikonsumsi, lebih baik konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: