Cara Menambah Berat Badan Anak

cara menambah berat badan anak

cara menambah berat badan anak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jika si kecil memiliki badan yang cenderung kurus dibanding teman sebayanya, tentunya Anda akan khawatir. Padahal, rasanya segala cara menambah berat badan anak sudah dilakukan, tetapi tetap saja bobot tubuhnya sulit sekali naik. Bila berat badan tidak naik sesuai standar yang ada, terutama pada bayi di bawah usia tiga tahun, haruslah dicari penyebabnya. Tetapi yang perlu diingat, ada beberapa anak memang berperawakan kecil, dan bukan berarti dia kekurangan gizi.

 

Cara Menambah Berat Badan Anak Secara Alami

Memiliki anak yang mempunyai berat badan seimbang dengan usia nya tentu itu dambaan para ibu. Untuk mencapai itu semua kita bara ibu juga harus memperhatikan pola makan anak,agar tidak terjadi kelebihan berat badan atau obesitas.berikut cara menambah berat badan anak secara alami:

  • Biasakan anak untuk makan tiga kali sehari dengan diselingi cemilan sehat tiap harinya. Tawarkan makanan tinggi kalori dan tambahkan lemak pada makanan si kecil seperti krim, mentega, margarin, minyak.
  • Pilihlah minuman yang tinggi kalori seperti susu sapi murni. Tambahkan menu daging-dagingan atau alternatifnya seperti keju juga kacang kedelai. Berikan makanan dan minuman suplemen bernutrisi tinggi.
  • Jangan memaksa anak untuk makan dengan banyak. Tawarkan makanan yang kaya akan kalori. Cobalah untuk membuat makanan menjadi menarik dengan berbagai macam hiasan unik.
  • Ajak si kecil untuk tidur siang. Dengan tidur siang sehabis makan selama kurang lebih 2 jam maka tubuhnya akan tumbuh dengan baik.
  • Olahraga secara teratur justru akan membuat tubuh si kecil menjadi sehat. Melakukan olahraga renang, bola basket dan bersepeda akan membuat metabolisme tubuh anak menjadi bekerja dengan baik.
  • Hindari minum sebelum makan Untuk anak anda yang sedang berusaha menggemukan badan, meningkatkan asupan makanan adalah hal yang sangat perlu dilakukan, untuk itu hindarilah minum air sesaat sebelum makan karena hal tersebut mengakibatkan perut merasa kenyang terlebih dahulu, dan memungkinkan makanan yang disajikan tidak tersantap habis. Usahakan minumlah setelah selesai makan, minum setelah selesai makan dapat membantu proses pencernaan berjalan dengan baik dan penyerapan nutrisi menjadi maksimal.
  • Minum susu sapi murni secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu dipagi hari dan saat menjelang tidur sangat membantu dalam proses menaikan berat badan anak anda karena didalam susu sapi murni terkandung vitamin A dan vitamin D, jadi mulailah minum susu sapi murni.
  • Memperbanyak minum Air putih karena sangat diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kinerja seluruh organ tubuh, termasuk dalam proses mencerna makanan, dengan tercukupinya kebutuhan air dalam tubuh maka proses penyerapan saripati dari makanan berjalan dengan baik dan tubuh tercukupi kebutuhan nutrisinya. Minumlah air putih yang cukup untuk kesehatan anak anda yaitu minimal 8 gelas tiap harinya.

Kemungkinan lain selain keturunan adalah anak memiliki constitutional growth delay. Keadaan ini terjadi pada anak yang perawakannya kecil pada masa kanak-kanak dan sebelum pubertas. Tetapi mereka akan melesat pertumbuhannya saat pubertas nanti. Kebanyakan, berat badan anak tak naik karena memang mereka tak mendapat nutrisi cukup. Pastikan anak mendapat makanan yang tinggi kalori dan kaya nutrisi pada masa-masa pertumbuhannya.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: