Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem Imun

Untuk memerangi penyakit yang masuk dalam tubuh, menjaga sistem imun tubuh sangatlah penting. Tanpa sistem imun yang kuat seseorang akan mudah terserang penyakit karena tidak ada yang bisa melawan virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh.

Oleh karena itu, menjaga dan meningkatkan sistem imun harus dilakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit, caranya sebagai berikut:

  1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Tubuh memerlukan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Jika terdapat radikal bebas didalam tubuh kerja sistem kekebalan tubuh bisa terganggu dan tubuh lebih mudah terserang penyakit, termasuk virus Corona.

Selain antioksidan, nutrisi yang cukup juga diperlukan untuk tubuh agar dapat melawan penyakit yang masuk dalam tubuh.

Brokoli, bayam, kacang-kacangan, biji-bijian, rempah-rempah, makanan laut dan daging tanpa lemak sangat berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh, serta makanan jenis lain yang memiliki kandungan vitamin A, C dan E.

  1. Berolahraga dengan rutin

Dengan berolahraga kinerja antibodi dan sel-sel darah dapat terangsang. Dengan begini sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat seiring bertambahnya kinerja sel-sel darah putih itu.

Alhasil, sel-sel tersebut bisa mendeteksi penyakit lebih awal. Selain itu, dengan berolahraga juga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan.

  1. Mengolah Stress

Stres bukan penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri tapi dapat mengganggu kerja sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Hal ini dikarenakan, meningkatnya produksi hormon kortisol yang dapat membuat sistem imun tubuh menjadi lemah.

Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan hobi, istirahat yang cukup atau melakukan aktivitas lain yang dapat membuat anda lebih rileks atau tertawa untuk menghilangkan stres.

  1. Beristirahat yang cukup

Tidur yang berkualitas merupakan cara termudah untuk memperkuat sistem imun. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa setidaknya membutuhkan tidur selama 7–9 jam tiap harinya.

Istirahat yang cukup juga dapat meningkatkan produksi sel T di dalam tubuh. Sel T berperan  untuk menyerang dan menghancurkan sel yang terinfeksi oleh virus.

Dengan mengistirahatkan tubuh juga membuat respon sistem kekebalan tubuh terhadap ancaman penyakit juga akan meningkat.

  1. Mengkonsumsi Suplemen

Suplemen merupakan pilihan lain jika tidak dapat mengkonsumsi makanan bergizi. Konsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral seperti, vitamin C, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, zinc picolinate, dan sodium selenite, yang dapat meningkatkan kinerja sistem imun dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

  1. Hindari Rokok dan Alkohol

Menjadi perokok aktif maupun pasif sangat amat merugikan bagi sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, Nikotin dalam rokok bisa meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) yang mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respons antigen sel T (kelompok sel dalam sistem imun tubuh).

Selain itu, alkohol juga mempunyai efek yang sama dalam tubuh, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, lebih baik kurangi, hindari bila perlu berhenti untuk mengkonsumsi alkohol agar imun tubuh tidak melemah.

Ditengah merebaknya wabah virus covid-19, menjaga sistem imun sangatlah penting agar tubuh dapat bertahan dan terhindar dari serangan virus. Jangan lupa untuk jaga kerbersihan dan melakukan pengecekan untuk memastikan anda tidak terserang virus covid-19 ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: