Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Anak

Batuk berdahak biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan pilek atau flu, alergi terhadap debu dan sebuk sari juga menjadi salah satu penyebab batuk. Batuk berdahak biasanya terjadi karena paru-paru mengalami infeksi dan memproduksi dahak berlebihan dari biasanya. Batuk juga merupakan salah satu cara alami tubuh untuk mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Jangan lupa ketika batuk pastikan gunakan etika batuk.

Etika Batuk:

  • Saat batuk gunakan tisu, jika tidak ada gunakan lengan baju tangan anda.
  • Buang tisu yang telah digunakan ke tempat sampah.
  • Cuci tangan dengan air mengalir dan gunakan sabun antiseptik.
  • Jika dalam kondisi tidak bisa mencuci tangan gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar kuman dan bakteri ditangan bisa mati.
  • Gunakan masker ketika sakit untuk mencegah penularan.

Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak pada Anak

Perbanyak Isirahat

Dengan memperbanyak istirahat atau tidur, sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Karena salah satu manfaat tidur adalah memperbaiki sel yang rusak. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat terserang virus bisa diatasi oleh tubuh.

Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara yang alami untuk meringankan batuk adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih berfungsi untuk mengencerkan dahak yang ada ditenggorokan agar mudah dikeluarkan. Selain itu dengan memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari, tubuh juga tetap mendapatkan asupan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi dan iritasi disaluran pernapasan dengan menjaganya agar tetap lembab.

Madu

Madu merupakan bahan alami yang efektif untuk meringankan batuk. Kandungan dalam madu yang terdapat antioksidan dan antiradang dapat mengurangi iritasi pada saluran pernapasan. Madu dapat dikonsumsi langsung atau dapat dicampur dengan teh hangat atau air lemon hangat.

Minuman Herbal

Jahe, Cengkeh, Kunyit, Kencur, Thyme, Peppermint, merupakan bahan alami yang bisa dijadikan minuman untuk meredakan batuk. Air hangat yang direndam atau diperas dengan bahan-bahan terebut dapat membuat tubuh menjadi hangat dan membuat dahak di tenggorokan menjadi lebih mudah dikeluarkan.

Air Garam

Kumur-kumur dengan air garam juga dipercaya dapat membantu mengencerkan dahak. Cara membuatnya cukup mudah, masukan setengah sendok teh garam kedalam cangkir berisi air hangat, aduk garam sampai larut setelah itu siap dipakai untuk kumur-kumur.

Jika pengobatan secara alami tidak membuat batuk tidak kunjung sembuh selama dua minggu  lalu timbul gejala lain seperti demam tinggi, sesak napas, bibir dan wajah membiru, berat badan anak turun, dahak berwarna cokelat atau kuning, serta batuk yang disertai dengan darah, nyeri dada, batuk disertai muntah, segera bawa anak anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: