Bagaimana Menjaga Sistem Pencernaan Yang Baik?

Sistem Pencernaan Sehat

Sering kali kita makan tanpa memperhatikan apa yang kita makan dan membuat sistem pencernaan menjadi tidak sehat. Sistem pencernaan yang tidak sehat akan berdampak kepada kesehatan tubuh kita.

Lantas bagaimana cara menjaga sistem pencernaan yang baik, ikuti tips berikut ini:

  1.  Penuhi Kebutuhan Air Harian

Penuhilah kebutuhan air harian kamu, agar sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Selain dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh, air juga dapat membuat feses yang dikeluarkan pun akan menjadi lebih lunak, sehingga kamu tidak akan mengalami sembelit.

Penuhi setidaknya 8 gelas air atau 2 liter air setiap harinya untuk kesehatan pencernaan.

  1. Konsumsi Real Food

Real food adalah makanan yang berasal dari sayur atau buah-buahan atau sumber protein lainnya yang tidak diolah secara berlebihan, hanya diolah dengan cara dibakar atau dikukus dan tidak menggunakan tambahan bumbu dapur.

Semakin sehat asupan makanan yang masuk dalam tubuh akan semakin baik juga tubuh memproses makanannya. Dengan begitu, gangguan pencernaan akan jarang muncul. Bahkan pencernaan akan menjadi lebih sehat setiap saat.

  1. Perbanyak Makanan Berserat

Mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran hijau, buah-buahan dan biji-bijian membuat makanan akan diproses lebih lama dalam tubuh dengan begitu, kamu akan mendapatkan energi dan kenyang lebih lama. Sehingga, sistem pencernaan akan menjadi lebih sehat.

Selain itu, mengkonsumsi nasi dan lauk berlemak terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

  1. Mengonsumsi Lemak Sehat

Mengkonsumsi lemak terlalu banyak memang tidak disarankan, tapi itu hanya berlaku untuk lemak jahat yaitu lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jahat dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, stroke dan diabetes tipe 2.

Makanan yang mengandung lemak jahat antara lain, daging sapi daging kambing, produk susu dan olahannya, makanan dari fast food seperti ayam goreng atau kentang goreng. Tapi bukan berarti tidak boleh makan-makanan ini, hanya saja kamu harus membatasinya agar tidak menjadi kolesterol berlebih.

Sedangkan makanan berlemak yang di sarankan adalah makanan yang mengandung lemak baik yaitu lemak jenuh tunggal dan lemak jenuh ganda. Lemak ini mengandung kolesterol baik (HDL) yang dapat menurunkan kolesterol jahat.

Sumber makanan yang mengandung lemak baik yaitu, alpukat, ikan laut seperti salmon, tuna, makarel, sarden, selain itu kacang-kacangan seperti almond, hazelnut dan beberapa jenis minyak seperti, minyak zaitun, minyak kanola, minyak kedelai.

  1. Kendalikan Stres

Saat tubuh mengalami stres, kortisol akan dihasilkan dalam jumlah yang banyak. Hormon itu dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sembelit, mual dan diare.

Karena itu tidak sedikit juga orang yang saat stres pola makannya akan menjadi buruk. Sehingga lambungnya akan mengalami gangguan akibat makanan yang makannya tidak dapat dikontrol.

  1. Makan dengan Santai, Sadar dan Mengunyah dengan Baik

Maksudnya adalah tahu kapan kamu benar-benar lapar dan juga kenyang. Dengan ini, kamu tidak akan makan berlebihan dan juga kekurangan. Kamu mungkin bisa meniru orang Jepang yang makan dengan porsi kecil dan selalu memperhatikan asupan gizi yang dimakannya.

Mengunyah juga tidak disarankan terlalu cepat. Karena jika mengunyah terlalu sedikit akan membuat kita menjadi mengantuk. Ini dikarenakan karbohidrat yang harusnya diproses menjadi glukosa oleh enzim amilase yang berada di air liur itu tidak terproses semua, sedangkan glukosa ini akan dijadikan sumber energi untuk tubuh kita. Selain itu, perut kita juga akan terasa menjadi lebih kembung.

  1. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Kita bisa mencontoh gaya hidup orang Jepang yang banyak bergerak atau berolahraga. Dengan berolahraga pencernaan akan berjalan dengan lancar. Pergerakan usus, lambung, dan organ dalam sistem pencernaan akan sempurna.

Mengurangi atau menghindari alkohol dan juga rokok juga merupakan salah satu cara untuk menjalani gaya hidup sehat. Jangan terbiasa makan terlalu malam karena dapat membuat sistem pencernaan menjadi tersiksa. Makan terlalu malam dapat membuat kamu menjadi  insomnia, begah, dan perasaan tidak nyaman di sekitar perut selama 3 jam lebih sebelum akhirnya normal kembali. Selain itu, sebelum menyentuh makanan lebih baik anda mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu agar terhindar dari kuman dak bakteri.

Menjaga pencernaan tetap sehat akan membuat tubuh kita menjadi sehat juga. Karena makan yang masuk kedalam tubuh akan mempengaruhi keadaan tubuh kita. Jika yang dimakan itu baik maka tubuh akan menjadi sehat, jika yang dimakan tidak sehat makan tubuh akan merasakan sakit. 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: