20 Makanan Untuk Penambah Stamina

Makanan Penambah Energi

Makanan penambah stamina dibutuhkan sebagai sumber energi bagi tubuh, termasuk untuk kerja otak. “Mengonsumsi makanan dengan kombinasi protein, lemak, dan karbohidrat alami yang sehat membantu menjaga energi melalui vitamin dan mineral,” kata Velerie Goldstein, seorang pakar nutrisi. Inilah mengapa energi kita seakan terkuras ketika mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi.

  1. Oatmeal

    Oatmeal
    Oatmeal Kaya akan serat, vitamin B, zat besi, mangan dan karbohidrat kompleks. Ideal untuk dikonsumsi sebagai sarapan karena lebih lama dicerna, sehingga membuat kenyang lebih lama dan tidak cepat kehabisan energi.

  2. Hati Sapi

    Salah satu jenis superfood atau makanan padat nutrisi yang baik dikonsumsi. Mengandung semua jenis protein untuk menghasilkan energi. Selain itu, kaya vitamin B12 untuk menambah produksi energi.

  3. Daging Sapi Tanpa Lemak

    Daging sapi tanpa lemak adalah sumber utama zat besi dan mencegah terjadinya kelelahan karena anemia. Tubuh menggunakan zat besi untuk mempertahankan oksigen dalam darah dan mengangkutnya ke jaringan tubuh. Pada tingkat sel, zat besi digunakan untuk menghasilkan energi. Satu porsi daging sapi mengandung sekitar 12 persen kebutuhan harian kita.

  4. Daging Ayam

    Konsumsi ayam bisa menambah koenzim yang dibutuhkan untuk memfasilitasi 95 persen energi tubuh manusia. Koenzim ini juga diperlukan untuk menjaga kesehatan organ tubuh, termasuk jantung, hati, dan ginjal. Organ tersebut merupakan organ yang membutuhkan energi tertinggi dari tubuh.

  5. Telur Ayam

    Telur
    Sudah tak diragukan lagi kalau telur memang merupakan salah satu jenis makanan penambah stamina. Hal tersebut tak terlepas dari tingginya kandungan leusin, yaitu jenis asam amino esensial yang bermanfaat dalam penyerapan gula dan metabolisme lemak untuk menghasilkan energi.

  6. Ikan

    Salmon
    Beberapa jenis ikan, seperti tuna, salmon, dan ikan kembung, mengandung omega-3, asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan. Omega-3 dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Peradangan ini dapat membuat Anda menjadi kelelahan.

    Ikan-ikan tersebut juga kaya akan vitamin B12, yang bersama asam folat, dapat memproduksi sel darah merah, serta membantu kinerja zat besi di tubuh lebih optimal. Keadaan ini membantu Anda mendapatkan tambahan energi, serta mengurangi kelelahan.

  7. Kerang

    Kerang mengandung vitamin B12 yang dapat memproduksi energi. Setiap tiga ons kerang mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan harian kita. Vitamin B12 memainkan peran kunci dalam sistem saraf dan proses metabolisme tubuh. Zat ini juga menjadi bagian penting dari pola diet yang seimbang.

  8. Yogurt

    Karbohidrat yang dikandung yogurt datang dalam bentuk gula (laktosa dan galaktosa). Saat dipecah dalam tubuh, keduanya bisa menyuplai stamina dan energi untuk tubuh. Oleh karena itu, yogurt bisa menjadi makanan penambah stamina instan.

  9. Nasi Merah

    Nasi Merah

    Dibandingkan nasi putih, nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang dapat diolah tubuh menjadi energi untuk beraktivitas. Selain itu, nasi merah juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan vitamin B kompleks. Hal ini membuat nasi merah dicerna lebih lama dan membuat kenyang lebih lama, dengan begitu stamina tubuh akan bertahan lama juga.

  10. Buah-Buahan

    Buah-buahan
    Salah satu faktor penyebab turunnya stamina adalah saat terjangkit virus flu. Untungnya, hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya dengan banyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C.
    Beberapa buah yang mengandung vitamin C dan dapat meningkatkan stamina Antara lain:

    • Alpukat
      Buah berwarna hijau ini digolongkan sebagai superfood, karena memiliki beragam manfaat dan kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi tersebut termasuk vitamin K, vitamin E, vitamin C, vitamin B6, vitamin B5, dan vitamin B9 (folat). Tak hanya vitamin, alpukat juga mengandung lemak sehat, serat, kalium, zat besi, hingga magnesium. Lemak sehat dalam alpukat akan disimpan dalam tubuh, dan menjadi cadangan energi.
    • Stroberi
      Dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, stroberi dipercaya bisa menambah stamina dan energi karena mengandung fenol. Selain itu, stroberi juga mengandung zat mineral, vitamin C, dan folat yang sangat baik untuk tubuh.
    • Pisang
      Buah berkulit kuning ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehtan tubuh, tak terkecuali untuk meningkatkan stamina tubuh. Pisang mengandung sejumlah zat penambah stamina dan energi, seperti karbohidrat kompleks, serat, potasium, dan vitamin C.
    • Anggur Merah
      Anggur merah memiliki banyak gula alami yang dapat langsung diubah menjadi energi. Anggur juga mengandung bahan kimia yang disebut resveratol yang membantu untuk membangun stamina dalam jangka panjang.
    • Jeruk
      Khasiat buah jeruk tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya baik untuk meningkatkan sistem imun, kandungan vitamin C di dalam buah jeruk juga bagus untuk menambah produksi sel darah putih. Dengan demikian, tubuh dapat terhindar dari berbagai jenis infeksi.
    • Apel
      Apel sangat kaya akan zat besi. Besi meningkatkan jumlah hemoglobin darah dan memungkinkan setiap sel dalam tubuh untuk mendapatkan kembali energi dengan lebih cepat.
    • Buat Bit
      Bit kaya akan kalium, serat makanan, dan vitamin A dan C. Nutrisi ini membantu membangun stamina dan mengurangi kelelahan. Jus bit diketahui bisa menghilangkan kelelahan. Minum segelas jus bit sebelum latihan bisa meningkatkan tingkat energi.
    • Labu
      Labu adalah sayuran yang memberikan kontribusi untuk segala jenis kesehatan. Sayur ini tidak tinggi kalori tetapi dapat mengenyangkan perut dan mengontrol hormon untuk membuat Anda merasa lebih bugar dan energik.
    • Jagung
      Jagung merupakan salah satu bentuk terbaik dari karbohidrat yang dapat Anda miliki. Jagung memberi tubuh Anda glikogen yang dapat diubah menjadi energi dalam beberapa menit.
  11. Roti Gandum

    Roti Gandum
    Roti gandum juga diperkaya dengan karbohidrat kompleks yang efektif meningkatkan stamina tubuh. Anda bisa mengonsumsi roti di pagi hari saat sarapan, atau sore hari saat tubuh sedang lemas-lemasnya akibat bekerja.

  12. Selai Kacang

    Selai kacang mengandung banyak asam lemak omega-3 atau dikenal sebagai lemak baik. Jenis lemak ini melindungi jantung, mengurangi rasa nyeri dan juga memberikan Anda energi untuk jangka waktu yang lama karena mereka dapat dicerna perlahan.

  13. Sayuran

    Sering merasa lelah adalah gejala kekurangan zat besi. Maka dari itu, sayuran berdaun hijau bisa menjadi makanan penambah stamina, karena mengandung zat besi yang tinggi. Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga mengandung vitamin C, yang bisa membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik. Selain itu, zat besi bisa membantu produksi sel darah merah, sehingga penyebaran oksigen ke seluruh tubuh jadi lebih efisien.

  14. Edamame

    Edamame adalah camilan lezat yang menyehatkan. Kandungan vitamin dan zat mineralnya bisa memberikan tenaga dan stamina lebih untuk tubuh Anda. Edamame juga mengandung asam folat yang mampu bekerja sama dengan zat besi untuk mencegah datangnya rasa lelah.

  15. Kacang Kedelai

    Mengonsumsi kacang kedelai secara rutin juga bisa menjaga stamina tubuh Anda. Hal ini karena bahan pembuat tempe dan tersebut mengandung protein, juga vitamin dan mineral.

  16. Kacang Almond

    Almond dianggap sebagai makanan paling sehat di dunia. Almond kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3. Asam lemak ini adalah sumber energi yang sangat baik dan tidak menumpuk di dalam tubuh. Mereka membangun tulang yang kuat, menyehatkan otak, meningkatkan kesehatan jantung dan membuat Anda tetap bersemangat sepanjang hari.

  17. Popcorn

    Makanan yang sering dicamil saat nonton di bioskop ini rendah kalori, tapi bisa memberikan energi. Bayangkan saja, 100 gram popcorn mengandung 78 gram karbohidrat dan 15 gram serat. Selain lezat, popcorn juga bisa menjadi makanan penambah stamina. Anda disarankan untuk tidak menambahkan garam dan mentega pada popcorn.

  18. Kopi

    Kopi
    Kopi adalah penambah energi instan. Kopi merangsang dan memberi energi pada otak Anda membuatnya waspada dan aktif. Kelebihan kafein atau kopi berbahaya. Namun, ini bisa digunakan dalam jumlah terbatas untuk menyembuhkan migrain dan mendapatkan tingkat stamina yang diperlukan.

  19. Teh Hijau

    Teh Hijau
    Teh hijau kaya akan antioksidan. Teh hijau membantu mendetoksifikasi sistem dan membuat Anda merasa lebih energik. Ini adalah stimulan otak seperti kafein, tetapi merupakan pilihan yang lebih sehat. Teh hijau menurunkan kadar kolesterol, membantu penurunan berat badan dan membangun stamina.

  20. Rumput Laut

    Rumput laut mengandung yodium dan mineral penghasil energi. Yodium membantu menciptakan energi melalui reaksi biokimia dan memaksimalkan hormon tiroid. Agar stamina kita terjaga, cobalah untuk mengonsumsi rumput lau sebagai camilan harian kita.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: